Perawatan perkutut

Perawatan perkutut sebenarnya termasuk sangat mudah jika di bandingkan dengan burung kicauan. Hal ini di karenakan burung perkutut tidak membutuhkan extra fooding yang aneh-aneh seperti jangkrik, kroto dan lainnya.

Perawatan harian perkutut

Untuk perawatan perkutut sehari-hari yang perlu di perhatikan adalah kecukupan makanan dan minum di wadah pakan perkutut.

Untuk melihat lebih banyak video perkutut dan cara tips perawatan silahkan kunjungi Chanel youtube resmi perkutut-sby. Jangan lupa subscribe ya 😊🙏🙏🙏

Makanan perkutut secara umum terdiri dari beberapa macam biji-bijian seperti milet, jewawut, ketan hitam, godem, dan gabah. Jika anda ingin menggunakan pakan jadi, itu lebih baik karena biasanya sudah komplit isinya.

Pakan perkutut. Saran saya untuk perawatan yang lebih optimal, berikan pakan perkutut jadi yang bermerk seperti longkung, madura koong, gold coin, larasati dan lainnya. Hal ini di karenakan pakan bermerk biasanya sudah di berikan campuran vitamin, madu, dan rempah-rempah untuk menjaga kondisi stamina perkutut. Untuk pakan tambahan, berikan sotong (pakan perkutut berwarna putih seperti tulang) untuk sumber kalsium.

Mandi. Memandikan perkutut tidak memerlukan bak karamba seperti burung ocehan. Memandikan perkutut juga tidak menggunakan handspray namun bisa juga asal dengan semprotan embun dan jangan kena kepalanya, Umumnya memandikan perkutut cukup dengan memegangnya dan mengusapnya dengan tangan yang basah atau bisa juga dengan memengangnya lalu di grujuk di bawah kran yang mengalir pelan. Dalam meandikan perkutut harus hati-hati agar tidak sampai hidungnya kemasukan air.

Waktu yang paling tepat untuk mamandikan perkutut adalah sore hari menjelang maghrib atau pada malam hari. Mandikan perkutut anda seminggu sekali atau dua hari sekali jika burung perkutut anda sangat liar. Dengan sering memegang dan memandikannya perkutut akan cepat jinak dan mengenal tuannya.

Baca juga :  Fungsi kerodong untuk perkutut

Perawatan kesehatan dan stamina perkutut

Penyakit. Penyakit yang sering menjangkit perkutut adalah cacingan. Tanda-tanda cacingan biasanya bulu burung mengkorok dan kotorannya mencret. Jangan anggap remeh penyakit ini, perkutut yang cacingan biasanya malas bunyi karena tidak fit. Perkutut akan cepat kurus badannya dan kotorannya akan bau.

Untuk perkutut yang sudah lama di perlihara di rumah biasanya sangat jarang terserang cacingan. Penyakit cacingan biasanya hanya terjadi pada burung perkutut yang masih baru keluar dari peternakan perkutut. Di peternakan perkutut pada umumnya alas sangkar adalah pasir, dan pasir adalah sumber dari telor cacing.

Cara pengobatan cacingan cukup dengan menggunakan combantrin tablet ukuran 125 mg yang dipotong kecil sebesar biji kacang hijau (agak kecil sedikit), lakukan ini pada malam hari agar burung tidak stress dan lemas karena pengaruh obat. Setelah di beri obat cacing besoknya segera bersihkan sangkar (cuci yang bersih). Lakukan ini sekali lagi satu minggu kemudian untuk memastikan perkutut anda bebas dari cacingan.

Untuk pencegahan, sebaiknya berikan pakan jadi yang bermerk karena pakan bermerk biasanya di masak dalam pengolahannya dan berikan air minum yang telah masak.

Stamina. Untuk menjaga stamina, perkutut perlu di berikan vitamin anak-anak seperti vitkom atau vitamin cair untuk bayi pada minumannya 1 – 2 minggu sekali. Untuk menjaga kestabilan bunyi, lolohkan kacang hijau yang sudah di rendam dengan air panas dan di biarkan mengembang (rendam sekitar 6 jam). Lolohkan pada malam hari setelah di mandikan.

Kerekan. Pada dasarnya perkutut rumahan tidak perlu di kerek. Burung perkutut yang di kerek dalam perawatan hariannya adalah untuk melatih mentalnya saja agar mau bunyi jika di lombakan. Yang lebih penting adalah penjemuran karena perkutut adalah burung yang menyukai panas. Pada kondisi cuaca yang dingin biasanya perkutut agak malas untuk bunyi.

Baca juga :  Ciri perkutut bangkok jantan dan betina

Untuk pemesanan dan menghubungi kami silahkan kontak lewat :

XL : 0878-8886-5438

98 thoughts on “Perawatan perkutut”

  1. ass…..
    pak mau tanya,,kalau perkutut yang sedang mengalami pergantian bulu itu apa yang sebaiknya kita lakukan???
    truzz gmn che pak cara nya melatih burung perkutut agar bersuara cantik?

    satu kali lagi ya pak,..hehe
    yang saya pernah baca kog perkutut dimandikan nya pas sore hari,..apa itu gak buat perkutut jadi kedinginan???

    mksh pak

    Reply
    • Wass ww…
      1. Sebaiknya di umbar spy cepat selesai mabungnya
      2. Suara perkutut adalah suara bawaan (genetis) dari lahir. Perkutut tidak bisa di master (di latih menirukan suara perkutut lainnya) seperti burung kicauan. Perkutut bersuara jelek tidak akan pernah bisa bersuara seperti perkutut juara. Dengan kata lain hampir tidak mungkin membeli seekor perkutut di pasar lalu melombakannya dan membuatnya jadi juara karena burung pasar adalah burung sortiran dari peternak. Karena itulah harga perkutut juara bisa tembus hingga puluhan juta, ratusan juta atau bahkan 1 M. Dan karena itulah anakan perkutut juara harganya juga ikut mahal karena di harapkan membawa sifat genetis dari induknya yang juara.
      3. Perkutut memang sebaiknya di mandikan sore/malam hari karena biasanya lebih tenang burungnya. Jika memandikan siang atau pagi haripun sebaiknya jangan di jemur setelah di mandikan (di angin2 saja di teras supaya tidak takut orang).
      Trimakasih kembali

      Reply
  2. burung perkutut bangkok bunyi malam hari..punya pengaruh jelek gak pak.? saya beli 3 BP jarak sekitar 2 mingguan umur 9 sama 3bln..suaranya nahan / gak lepas/ gak keras.? ..trima kasih

    Reply
    • Tdk masalah Pak. Namanya saja burung (tdk bisa di suruh bunyi sesuai keinginan kita waktunya). Mungkin masih stress Pak. Trimakasih kembali

      Reply
    • Hal itu memang kadang terjadi jika sudah masuk masa produktif, terlalu birahi dan di dukung pakan yang berkualitas baik. tidak ada efek sampingnya. trimakasih kembali

      Reply

Leave a Comment