Perawatan perkutut

Perawatan perkutut sebenarnya termasuk sangat mudah jika di bandingkan dengan burung kicauan. Hal ini di karenakan burung perkutut tidak membutuhkan extra fooding yang aneh-aneh seperti jangkrik, kroto dan lainnya.

Perawatan harian perkutut

Untuk perawatan perkutut sehari-hari yang perlu di perhatikan adalah kecukupan makanan dan minum di wadah pakan perkutut.

Untuk melihat lebih banyak video perkutut dan cara tips perawatan silahkan kunjungi Chanel youtube resmi perkutut-sby. Jangan lupa subscribe ya 😊🙏🙏🙏

Makanan perkutut secara umum terdiri dari beberapa macam biji-bijian seperti milet, jewawut, ketan hitam, godem, dan gabah. Jika anda ingin menggunakan pakan jadi, itu lebih baik karena biasanya sudah komplit isinya.

Pakan perkutut. Saran saya untuk perawatan yang lebih optimal, berikan pakan perkutut jadi yang bermerk seperti longkung, madura koong, gold coin, larasati dan lainnya. Hal ini di karenakan pakan bermerk biasanya sudah di berikan campuran vitamin, madu, dan rempah-rempah untuk menjaga kondisi stamina perkutut. Untuk pakan tambahan, berikan sotong (pakan perkutut berwarna putih seperti tulang) untuk sumber kalsium.

Mandi. Memandikan perkutut tidak memerlukan bak karamba seperti burung ocehan. Memandikan perkutut juga tidak menggunakan handspray namun bisa juga asal dengan semprotan embun dan jangan kena kepalanya, Umumnya memandikan perkutut cukup dengan memegangnya dan mengusapnya dengan tangan yang basah atau bisa juga dengan memengangnya lalu di grujuk di bawah kran yang mengalir pelan. Dalam meandikan perkutut harus hati-hati agar tidak sampai hidungnya kemasukan air.

Waktu yang paling tepat untuk mamandikan perkutut adalah sore hari menjelang maghrib atau pada malam hari. Mandikan perkutut anda seminggu sekali atau dua hari sekali jika burung perkutut anda sangat liar. Dengan sering memegang dan memandikannya perkutut akan cepat jinak dan mengenal tuannya.

Baca juga :  Ciri perkutut bangkok jantan dan betina

Perawatan kesehatan dan stamina perkutut

Penyakit. Penyakit yang sering menjangkit perkutut adalah cacingan. Tanda-tanda cacingan biasanya bulu burung mengkorok dan kotorannya mencret. Jangan anggap remeh penyakit ini, perkutut yang cacingan biasanya malas bunyi karena tidak fit. Perkutut akan cepat kurus badannya dan kotorannya akan bau.

Untuk perkutut yang sudah lama di perlihara di rumah biasanya sangat jarang terserang cacingan. Penyakit cacingan biasanya hanya terjadi pada burung perkutut yang masih baru keluar dari peternakan perkutut. Di peternakan perkutut pada umumnya alas sangkar adalah pasir, dan pasir adalah sumber dari telor cacing.

Cara pengobatan cacingan cukup dengan menggunakan combantrin tablet ukuran 125 mg yang dipotong kecil sebesar biji kacang hijau (agak kecil sedikit), lakukan ini pada malam hari agar burung tidak stress dan lemas karena pengaruh obat. Setelah di beri obat cacing besoknya segera bersihkan sangkar (cuci yang bersih). Lakukan ini sekali lagi satu minggu kemudian untuk memastikan perkutut anda bebas dari cacingan.

Untuk pencegahan, sebaiknya berikan pakan jadi yang bermerk karena pakan bermerk biasanya di masak dalam pengolahannya dan berikan air minum yang telah masak.

Stamina. Untuk menjaga stamina, perkutut perlu di berikan vitamin anak-anak seperti vitkom atau vitamin cair untuk bayi pada minumannya 1 – 2 minggu sekali. Untuk menjaga kestabilan bunyi, lolohkan kacang hijau yang sudah di rendam dengan air panas dan di biarkan mengembang (rendam sekitar 6 jam). Lolohkan pada malam hari setelah di mandikan.

Kerekan. Pada dasarnya perkutut rumahan tidak perlu di kerek. Burung perkutut yang di kerek dalam perawatan hariannya adalah untuk melatih mentalnya saja agar mau bunyi jika di lombakan. Yang lebih penting adalah penjemuran karena perkutut adalah burung yang menyukai panas. Pada kondisi cuaca yang dingin biasanya perkutut agak malas untuk bunyi.

Baca juga :  Tips agar burung perkutut kesayangan anda rajin bunyi.

Untuk pemesanan dan menghubungi kami silahkan kontak lewat :

XL : 0878-8886-5438

98 thoughts on “Perawatan perkutut”

  1. halo pak, sy mau tanya yaah…..
    sy punya burung perkutut yg umurnya kira2 setahun dan bunyinya cukup cantik walau agak kecil suaranya, tapi kenapa ya klo sudah siang ada perubahan suaranya seperti klak klak klak itu kenapa ya…… ??? apa itu yg disebut noklak ?
    apa ada cara dari pakan atau rawatan supaya bunyinya ga spt itu lagi, klo untuk ditali lehernya sy ga tega…… ato mungkin bisa dihindari noklaknya,
    makasih ya pak

    Reply
    • Untuk perkutut Bpk memang noklak dan biasanya solusinya memang di tali. Noklak memang biasanya timbul pada perkutut yang bertipe suara kecil dan pada yang bersuara besar umumnya hanya sesekali saja terjadi.
      Maaf kalau untuk solusi lainnya saya belum tau nyoba. Tapi perkiraan saya noklak terjadi karena burung perkutut powernya sdh bagus dan kondisinya mungkin terlalu birahi. Jadi mungkin bisa diganti pakannya ke pakan yang tidak bersifat panas. Bisa di coba dikasih pakan gabah bangkok dan beras putih. Sementara hindari pemberian beras ketan dan godem. Tapi ini sekedar teori saya saja Pak. Saya tidak berani jamin berhasil.
      Kalau mau solusi yang ampuh ya ganti saja beli perkutut baru yang bersuara besar. He.he.he..

      Reply
  2. Makasih banyak infonya Pak Nugroho, kalau sy ingin perkutut yg umur sekitar setahun dan suaranya besar, depan narik, tengah relatif, step belakang jalan minimal 5 dan lumayan “ulem”, kira2 sy musti siapkan dana berapa ya Pak ? Sekali lagi terima kasih

    Reply
    • Maaf stock yang ada skrg cuma piyik saja Pak Setyawan. Tapi kalau untuk perkiraan mungkin sekitar 1 jtan. Trimakasih kembali

      Reply
  3. saya punya perkut dulu suaranya bagus terus sekarang menjadi serak kira2 kenapa ya terus cara pengobatannya, trs yg kedua saya punya perkutut bertelur tp tidak mau mengerami tp malah telurnya dimakan

    Reply
    • Coba di kasih vitamin dan air perasan daun saga atau langsung diloloh daun saga Pak.
      Perkutut makan telur sendiri ? Wah saya baru dengar nih Pak, jadi tdk bisa kasih komentar. Tapi kalau saran saya sebaiknya di ganti saja indukannya karena di takutkan hal ini terjadi karena memang karakter induk yang tdk bisa di rubah

      Reply
  4. salam hangat dari Lombok tengah. saya mau sharing masalah burung perkutut yang sudah pernah gacor dan saya jodohkan masuk ke kandang, pada waktu ada lomba burung tersebut saya ambil dan di lombakan tetapi burung tersebut jadi susah bunyi, seperti takut dengan orang dan cenderung tidak tenang. terkesan seperti burung stres. kira2 apa yg bisa saya lakukan untuk mengembalikan suara burung saya tadi ya pak. soalnya sampai saat ini burung saya masih belum bisa gacor seperti semula.dan hanya sesekali bunyi saja baik di dalam sangkar maupun di kandang.

    Reply
    • Untuk membuat burung tsb mau kembali bunyi menurut saya harus dari akar masalahnya. jika menurut bpk perkutut tersebut seperti stress karena takut dng org, maka anda hrs membuatnya tdk takut dng org dulu.
      mungkin bisa di coba dengan sering2 di pegang dan dmandikan setiap malam/sore sambil di usap2 bbrp menit.

      Reply
  5. Saya punya burung perkutut suaranya lumayan saya selalu beri makan dan minum tiap hari tanpa ada aturan maksudnya untuk minum saya beri minum tempatnya agak besar,tempat makannya juga besar………saya kasihan klo harus BP saya kehausan…….kan gak apa-apa ya pak?…mhn saran ya pak….makasih sebelumnya.

    Reply

Leave a Comment