Makanan utama burung perkutut

Tidak seperti halnya pada burung kicauan, burung perkutut tidak membutuhkan ekstra fooding (EF) seperti jangkrik, kroto ataupun ulat. Makanan perkutut pada umumnya hanya berupa makanan berupa biji-bijian. Dengan pemberian berbagai jenis bijian yang tepat akan membuat perkutut menjadi lebih sehat, rajin berbunyi serta lebih produktif jika di ternak.

Millet

Millet adalah makanan bijian berwarna putih kekuningan. Bijian ini adalah makanan yang sangat vital kebutuhannya. Akan tetapi jika pemberiannya terlalu berlebihan (terutama untuk perkutut yg di taruh di sangkar kecil) maka perkutut akan menjadi cepat gemuk sehingga akhirnya malas untuk manggung.

Gabah

Kandungan gizi pada gabah tergolong rendah sehingga tidak membuat perkutut anda cepat gemuk. Pakan jenis ini sangat cocok untuk perkutut lomba karena sebanyak apapun perkutut anda makan, ia tidak akan bisa gemuk. Namun begitu anda tetap harus memperhatikan asupan gizi lainnya agar seimbang sehingga vitalitasnya tetap terjaga dan rajin manggung. Gabah untuk perkutut berukuran kecil, jadi lain dengan gabah untuk ayam.

Jewawut

Bijian berwarna oranye ini sangat tinggi kandungan proteinnya, Bijian ini sangat penting di berikan untuk perkutut yg sedang mengeram dan meloloh. Asupan protein yang tinggi akan mempercepat proses pertumbuhan piyik perkutut.

Ketan hitam

Ketan hitam di percaya bisa memberikan rasa hangat pada tubuh perkutut, karena itu kebutuhannya cukup vital ketika di musim hujan.

Godem

Bijian berwarna hitam ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan ketan hitam. Pemberian godem di percaya membuat perkutut lebih rajin berbunyi namun di percaya bisa menyebabkan perkutut bayak patah dan kurang stabil bunyinya.

Kacang hijau

Tidak seperti pemberian pakan bijian lainnya, cara pemberian kacang hijau dengan cara di loloh dengan cara dipegang perkututnya sambil tangan satunya membuka paruh perkutut sambil di dorong kacang hijaunya ke kerongkongan perkutut. Sebelum di gunakan, kacang hijau sebaiknya di rendam dalam air mendidih (tidak di masak bersama airnya). Kacang hijau sebaiknya di rendam sekitar 6-8 jam agar mengembang.

Baca juga :  Ucapan Selamat Untuk Bpk Thamrin (Jambi)

Kacang hijau bermanfaat untuk menjaga kestabilan suara perkutut lomba. Bijian ini juga sangat baik untuk piyik perkutut dan burung yang sakit.

Beras merah

Beras merah banyak mengandung vitamin E yang berfungsi untuk perkembangan reproduksi perkutut. Vitamin ini sering di gunakan untuk perkutut yang  diternak agar cepat bertelur. Beras merah juga banyak mengandung vitamin B yang sangat berguna untuk membantu proses metabolisme tubuh.

Untuk pemesanan dan menghubungi kami silahkan kontak lewat :

XL : 0878-8886-5438

Tidak hanya penghobi biasa, terkadang pertanyaan semacam ini masih saja sering terlontar bahkan oleh peternak.
Pada prinsipnya burung perkutut yang sehat dan senang hatinya biasanya adalah perkutut yang rajin bunyi.
Sering kali seorang pemula dibingungkan oleh ulah perkutut yang sering tidur di sarang seakan-akan sedang

51 thoughts on “Makanan utama burung perkutut”

  1. Katanya…perkutut musim bertelur
    saat makanan kutut berganti (stok toko kosong ) jd gak mau bertelur
    ramuan apa ya yg bisa cepet bertelur kutut putih saya

    Reply
  2. Matur nuwun Pak atas infonya. Nuwun sewu mau tanya, Bagaimana membuat perkutut yang udah 4 tahun mau berjodoh dan berepropruksi Pak. Matur nuwun saya tunggu jawabannya

    Reply
    • Kalau burung perkutut Bapak sudah terlalu lama di sangkar sendirian biasanya sulit untuk di jodohkan karena terlalu galak. Mungkin bisa coba dengan sering memandikan sampai basah kuyup lalu di umbar dengan banyak betina

      Reply
  3. Ass pak Nugroho, saya di kasih perkutut dari teman, ada luka di kepalanya krn pernah mau di makan kucing. Sdh ads 3 mingguan blm mau bunyi katanya, msh ada kemungkinan manghung lg nggak ya Pak? Minta ciri2 khusus perkutut jantan dong Pak. Terimakasih, wassalamualaikum.

    Reply
  4. saya punya perkutut hasil tangkapan. mereka jodoh dan sering kawin tapi kenapa tdk mau bertelur. mohon infonya. salam dari merauke-papua

    Reply
  5. Maaf saya baru 3 hari di kasih burung perkutut terus burung agak serak suaranya perlu di kasih vitamin gak yg pak klau di kasih vitaminnya apa namanya..??

    Reply
  6. Saya punyak burumg perkutut.. Tapi dia tidak bersuara?? Bagaimana cara buat burung itu bersuara? Dan apa makanannya. Broo??

    Reply
  7. Pak..menurut Bapak berapakah perbandingan campuran pakan perkutut klao kita meraciknya sendiri dengan campuran jewawut,milet putih,gabah lampung,ketam hitam,godem yg di racik dengan jahe,telor,madu,bawang putih,garam dan apakah pakan ini cocok untuk perkutut semua umur.Mohon pejelasannya.trima kasih..

    Reply
    • Perkutut lokal umumnya lebih lambat gacor. Pakan cukup biji-bijian saja. Kalau perlu di loloh 5 butir kacang ijo rendaman

      Reply
  8. Om saya mau tanya cara jinakin perkutut gimana yah, saya udah coba di mandikan dengan cara di tenggelamkan mandi malam tapi susah jinak

    Reply
    • Kok di tenggelamkan Pak. He he he…. kasihan burungnya. Cukup di mandikan sampai basah kuyup, kasih jamu dan gantung di tempat yang agak rendah saja

      Reply
  9. mohon pencerahan, pak
    perkutut saya sudah menetas tetapi, saya tdk pernah tau meloloh anakannya sampai anakannya mati semua, bgmn solusinya, apakah saya salah memberi pakan, yg saya berikan hanya milet dan blenderan ketan hitam, mohon pencerahannya.

    terima kasih

    Reply
    • Di kurangi sedikit demi sedikit supaya beradaptasi dengan pakan yang baru. Kalau hanya makan satu macam jenis pakan kuatirnya kurang gizi

      Reply

Leave a Reply to Fajar Nugroho Cancel reply