ciri ciri perkutut jantan dan betina

Ciri perkutut bangkok jantan dan betina

ciri ciri perkutut jantan dan betinaTidak hanya penghobi biasa, terkadang pertanyaan semacam ini masih saja sering terlontar bahkan oleh peternak. Kebanyakan penghobi perkutut pastinya sering bertanya-tanya, bagaimanakah caranya membedakan perkutut jantan dan betina?

Hal ini memang sangatlah penting untuk di ketahui jawabannya karena menentukan terkait perkembangan suara kedepannya atau untuk sekedar bahan ternak. Ayo simak jawabannya !!!

Ada beberapa ciri-ciri yang bisa digunakan sebagai patokan untuk mengetahui jenis kelamin seekor perkutut bangkok apakah burung itu adalah perkutut jantan atau perkutut betina. Meskipun akurasi tidak bisa 100% benar, akan tetapi secara umum bisa di gunakan sebagai acuan untuk mengetahui perbedaan perkutut jantan dan betina pada perkutut bangkok :

  1. Pupur (warna keputihan) pada atas dahi perkutut. Perkutut jantan biasanya warna putihnya sampai ke tengah mata, sedangkan yang betina tidak. Sehingga terkesan burung jantan berwarna lebih terang kepalanya. (hanya bisa di aplikasikan pada burung yang cukup umur)
  2. Supit/capit udang pada perkutut jika di raba terasa lunak dan renggang waktu raba maka perkutut tersebut diperkirakan betina. Namun ada juga jantan yang seperti itu dan betina ada juga yang bercapit udang rapat dan keras (tapi nanti setelah bertelur akan merenggang secara alami)
  3. Ukuran badan perkutut betina umumnya lebih kecil dan agak pendek di banding perkutut jantan. Ini memang sulit membedakannya tapi kalau masih sama-sama piyik seteluran, yang kecil biasanya betina. Akan tetapi perlu di waspadai juga kebenarannya karena ada piyik perkutut yang menetas jantan semua atau betina semua.
  4. Ukuran jari kaki burung perkutut jantan cenderung panjang dan tebal sedangkan yang betina cenderung lebih pendek dan tipis.
  5. Pada umumnya suara burung perkutut betina umumnya kecil / kristal dan tidak bertekanan. Sedangkan yang jantan sebaliknya. Namun ada juga betina yang bersuara besar (ngebass) dan bertekanan (power) bagus. Dan terkadang ada juga jantan yang bersuara kecil, tipis dan tidak bertekanan.
  6. Ekor perkutut betina agak pendek di banding yang jantan
  7. Paruh betina lebih tipis dan pendek sedangkan perkutut jantan paruhnya lebih tebal dan panjang.
  8. Mata burung perkutut betina agak kecil sedangkan yang jantan seperti melotot (garang)
  9. Kepala burung perkutut betina lebih kecil di banding yang jantan
  10. Perkutut jantan lebih rajin bunyi
Baca juga :  Perawatan perkutut

Semoga bermanfaat

Untuk pemesanan dan menghubungi kami silahkan kontak lewat :

XL : 0878-8886-5438

Pada prinsipnya burung perkutut yang sehat dan senang hatinya biasanya adalah perkutut yang rajin bunyi.
Sering kali seorang pemula dibingungkan oleh ulah perkutut yang sering tidur di sarang seakan-akan sedang
Ternyata beternak perkutut tidak hanya bisa di lakukan oleh orang2 yang punya lahan saja. Terbukti

4 thoughts on “Ciri perkutut bangkok jantan dan betina”

  1. Gan mau cri bp bangkok yg masih anak,,,tp bener2 bangkok jantan,,mau sya rawat,,,klo ad yg jual kbrin sya,,085713144408,,,mksh

    Reply

Leave a Comment