Cara merawat perkutut agar cepat jinak

Setiap penghoby perkutut pemula pasti ingin tahu cara merawat perkutut agar cepat jinak dan gacor sehingga bisa segera menikmati kicauannya di setiap waktu luang di temani segelas kopi.

Oleh karena itu agar perkutut cepat jinak sehingga lebih mudah menjadi gacor maka lakukan proses-proses tersebut di bawah ini secara teratur.

Merawat perkutut agar cepat jinak

1. Memandikan perkutut

Pada dasarnya burung perkutut adalah burung yang tidak suka mandi. Akan tetapi untuk membuat agar burung perkutut cepat jinak maka harus di berikan terapi mandi rutin setidaknya seminggu sekali.

Mandikan perkutut dengan cara di pegang lalu di basahi bisa dengan mencelupkan badannya ke dalam bak berisi air atau bisa juga dengan semprotan spayer lembut dengan jarak sekitar 2 cm dari badan burung perkutut.

Jika memandikan menggunakan bak, bisa menggunakan air bekas cucian beras di campur dengan daun sirih. Jika menggunakan spayer sebaiknya air di campur dengan sampoo bayi atau sabun cair saja.

Usahakan dalam memandikan perkutut hingga sebasah mungkin seperti kain yang basah bulunya. Jangan menyemprot bagian kepala untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

2. Pemberian jamu

Setelah mandi, berikan jamu untuk menghangatkan badan perkutut kesayangan anda. Bisa menggunakan jamu yang banyak di jual di pasar atau kios burung atau bisa juga dengan menggunakan sedikit irisan kencur dan irisan bawang putih.

Fungsi jamu selain memberikan rasa hangat juga akan merangsang perkutut menjadi lebih rajin bunyi dari biasanya. Akan tetapi sebaiknya hindari pemberian jamu yang terlalu sering terutama pada anakan perkutut karena bisa merusak suaranya.

3. Menggantang perkutut di tempat yang rendah

Setelah proses mandi dan pemberian jamu selesai, tahap berikutnya agar cepat jinak adalah dengan menggantang perkutut di tempat yang rendah dan sering di lalui orang. Gantang di tempat yang teduh saja bukan di jemur. Jadi di angin-anginkan saja supaya tidak terlalu cepat kering bulunya

Ketika kondisi bulu basah, perkutut cenderung lebih tenang. Hal ini untuk membiasakan burung perkutut anda tetap tenang meski banyak orang lalu lalang di dekatnya.

4. Jam pemberian makan yang teratur

Berikan pakan perkutut anda secara teratur setiap pagi dan usahakan wadah pakan sudah kosong ketika sore hari. Jadi ketika malam burung perkutut akan kelaparan dan besok paginya baru di beri pakan.

Hal ini di maksudkan agar perkutut anda merasa butuh kepada pemiliknya dan lebih cepat kenal kepada pemiliknya.

5. Sering di pegang

Agar perkutut cepat jinak sempatkanlah untuk memegang burung perkutut anda setidaknya seminggu 2 kali. Sebelum memegang, basahi dulu tangan anda agar tidak mudah terlepas dari genggaman jika anda tidak terbiasa memegang burung perkutut.

Pegang dan elus perkututnya sambil di basahi sedikit sayap, ekor dan kepalanya menggunakan tangan yang basah saja. Lakukan setidak 15 menit lalu kembalikan ke sangkarnya.

Untuk merawat dan menjinakkan burung perkutut memang membutuhkan kesabaran dan disiplin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Akan tetapi jika anda seorang penghoby sejati maka anda akan bisa menikmati prosesnya juga.

Selamat mencoba 🙂

Alhamdulillah, Deal PCB dengan teman seperjuangan, mas Yanto Millenium BF Semoga sesuai dengan harapan. Aamiin
Banyak orang berpendapat bahwa perkutut sebenarnya hobinya orang tua. Tidak pantas orang muda memiliki hobi
Alhamdulillah dapat rejeki walaupun harus dengan berat hati melepaskan. FWN 611 N7 (cucunya bomber). Grand

Leave a Comment