PerkututSby

Info perkutut bangkok, perawatan & tips burung perkutut bangkok

Tips agar burung perkutut kesayangan anda rajin bunyi.

 

Pada prinsipnya burung perkutut yang sehat dan senang hatinya biasanya adalah perkutut yang rajin bunyi. Apa lagi jika perkututnya sudah birahi (sdh suka lawan jenis/cukup umur).

supaya perkutut rajin bunyi gacorJadi perhatikan dan pastikanlah burung perkutut anda sehat. Ciri burung perkutut yang sehat secara umum adalah berbulu mulus, halus dan tidak mengkorok. Burung juga tidak kurus dan tidak terlalu gemuk juga. Burung yang terlalu gemuk cenderung malas bunyi.

Burung yang sehat juga memiliki kotoran yang agak bulat dan solid. Biasanya berwarna agak kecoklatan dan agak padat setelah mengering. Burung yang mencret (berair) menandakan kurang sehat (biasanya cacingan). Tapi terkadang ada burung yang sangat doyan minum sehingga kotorannya berair seperti mencret. Kotoran yang berwarna hijau juga menandakan burung perkutut yang kurang sehat.

Setelah di pastikan burung anda sehat maka pastikan juga burung perkutut anda senang hatinya. Burung yang senang hatinya akan senang sekali berbunyi. Jadi anda harus membuatnya merasa senang dan nyaman di lingkungan anda.

Salah satu cara untuk membuat peliharaan anda senang adalah dengan memberikan pakan kesukaannya. Sudah lumrah jika perkutut gemar sekali mengacak-acak pakannya hingga terkadang berantakan di lantai. Jika terlalu banyak yang di buang berarti pakan tersebut tidak di sukai perkutut.

Cobalah memberikan beberapa pakan di wadah yang terpisah. Yang duluan habis maka itulah yang di sukainya.

Langkah berikutnya adalah coba perhatikan tempat gantungan kesukaannya. Cobalah 1 lokasi sehari. Misalkan hari ini disisi kanan teras dan perhatikan tingkah lakunya. Jika dia tampak tenang dan mau bunyi maka itulah lokasi favoritnya. Setelah ketemu lokasi kesukaannya, maka tiap hari perkutut harus di cantol disitu sampai dia rajin bunyi. Setelah burungnya rajin bunyi baru coba di lokasi lainnya agar terbiasa bunyi dimana saja.

Jika perkutut anda terlihat tidak tenang di gantung dimana saja apalagi jika ada orang lewat, maka anda harus sering2 memandikannya.

Jika tips di atas sudah di coba dan belum berhasil, maka anda harus membuatnya birahi. Cara gampang saja, jodohkan dengan betina atau di umbar dengan beberapa ekor betina sekaligus di kandang umbaran atau di sebuah sangkar berukuran agak besar.

Usahakan betina yang anda satukan dengan perkutut kesayangan anda berumur lebih muda dan perkutut kesayangan anda harus masuk umbaran duluan sehari sebelumnya supaya dia jadi yang berkuasa di kandang tersebut. Seandainya berkelahi biarkan saja selama perkutut kesayangan anda yang menang. Biarkan kejar-kejaran apalagi sampai bekur dan jodoh.

Selamat mencoba !!!

10 Comments

Add a Comment
  1. Salam kenal saya baru beli perkutut umur 7 bln seblmnya dtempat penangkaran dia gacor terus begitu aaya bawa plg dia jd jarang gacor…apa penyebabnya dan bagaimn solusinya…thanx

    1. Biasanya stress, coba sering 2 di mandikan

  2. Mas bro pnya gw jarang bunyi standar paling 2x kalo lg malesnya paling 1x bunyi’a pernah ampe3x itupun jarang, gmna y mas bro supaya rajin bunyi gtu alias gassccoor, mhon masukan’a mas bro?

    1. Masih piyik atau bisa jadi betina mas bro

    1. sama-sama pak

  3. As. Wb… Salam kenal
    Mas…tlong Racikan supaya tekukur rajin bunyi

    1. Wass WW. Salam kenal pak. Maaf kalau tekukur bukan bidang saya :)

  4. Salam kenal mas,
    Mau nanya ni, perkutut saya 2 minggu ini tidak mw bunyi mas, kenapa ya,
    Tolong sarannya mas.

    1. Salam kenal pak. Kalau tidak melihat langsung dan memantau sulit pak untuk memperkirakan penyebabnya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Perkutut Sby © 2013 Frontier Theme