Tanda-tanda perkutut akan bertelur

Sering kali seorang pemula dibingungkan oleh ulah perkutut yang sering tidur di sarang seakan-akan sedang mengerami telur akan tetapi jika di periksa tidak ada telur di sarangnya.

perkutut-akan-bertelur
Perkutut yang akan bertelur akan sering berada di sarang

Sebenarnya, untuk mengetahui apakah perkutut akan bertelur, anda tidak perlu mengecek sarangnya. Cukup anda lihat dari wadah minumnya dan melihat dari ukuran kotorannya saja. Perkutut yang akan bertelur akan minum lebih banyak sehingga wadah minuman akan cepat habis. Pada kondisi normal, perkutut agak jarang minum. Namun jika akan bertelur, wadah minum mungkin akan hanya tersisa setengahnya saja dalam sehari semalam.

Perkutut yang akan bertelur ukura kotorannya juga akan besar. Besar kotorannya mungkin sekitar 3-5 kali lipat dari ukuran normal. Semakin membesar ukurannya, maka semakin dekat waktu bertelurnya.

Pada umumnya, induk perkutut akan mengerami telurnya secara bergantian. Perkutut jantan akan mengeram pada siang hari dan betina pada malam hari. Jadi jika biasanya induk perkutut tidur berduaan dan berjejer merapat di sarang ataupun di tenggeran pada malam hari, maka ketika mengeram hanya ada induk betina saja di sarangnya. Sedangkan yang jantan akan bertengger di tangkringan. Ada kalanya indukan mengeram secara berbarengan (induk jantan tetap tidur disarang ketika malam bersama yang betina). Namun hal ini agak jarang terjadi.

 

Untuk pemesanan dan menghubungi kami silahkan kontak lewat :

XL : 0878-8886-5438

Tidak hanya penghobi biasa, terkadang pertanyaan semacam ini masih saja sering terlontar bahkan oleh peternak.
Pada prinsipnya burung perkutut yang sehat dan senang hatinya biasanya adalah perkutut yang rajin bunyi.
Karena terinspirasi oleh seorang teman saya yang berhasil beternak perkutut di sangkar kecil, saya pun
Baca juga :  Tips agar burung perkutut kesayangan anda rajin bunyi.

Leave a Comment