PerkututSby

Info perkutut bangkok, perawatan & tips burung perkutut bangkok

Perawatan murai batu

facebooktwittergoogle_pluslinkedin
 

Sebenarnya cara perawatan murai batu ini berbeda antara murai batu yang satu dengan lainnya, intinya kita harus mau tahu terlebih dahulu karakter burung murai batu anda barulah di cari settingan yang tepat. Adapun karakter murai batu antara lain, mental gahar dan gampang galak atau justru susah fight/galak dilapangan. Setelah mengenali karakter murai anda langkah selanjutnya adalah mengontrol karakternya murai tsb melalui makanan, extra fooding dan perawatan hariannya.

Berikut ini adalah tips perawatan khusus untuk murai batu yang sudah bermental matang artinya tidak terlalu galak ataupun tidak terlalu loyo.

Perawatan Harian

  1. Pagi sekitar jam 6.00-7.00 krodong burung di buka ditempat teduh lalu di angin-anginkan sambil di beri 5 ekor jangkrik dan 2 sendok makan kroto yg bersih.
  2. Setelah itu jemur 1-3 jam di sesuaikan dg tergantung kesenangannya.) Ada jg murai yg tidak suka dijemur terlalu lama, cukup 0.5 jam saja. Tapi ada juga yang suka sekali dengan berjemur. Anda harus teliti kesukaan momongan anda.
  3. Setelah jemur dianginkan dahulu selama 20 mnt baru di kerodong, simpanlah ditempat teduh dan dikelilingi burung isian seperti cucak jenggot, love bird, cililin dll. Atau anda bisa memasternya menggunakan master elektronik.
  4. Sore atau malam hari sekitar jam 3 sore – 7 malam buka krodong lalu mandikan. Anda harus perhatikan, murai batu anda lebih suka mandi jam berapa dan pantau efeknya mandi sore atau malam terkait dengan daya ngefightnya. Jika mandi malam terlalu menurunkan birahinya baralihlah ke mandi sore. Porsi mandipun harus di perhatikan apakah tiap hari atau beberapa hari sekali ia perlu mandi.
  5. Setelah selesai mandi beri jangkrik kembali 5 ekor setelah itu tutup kembali.
  6. gantung burung ditempat yg tenang dan jangan terlalu terang sehingga burung dapat ber istirahat dengan tenang.

Catatan :

porsi jemur, extra fooding, mandi dan kerodong untuk masing2 murai batu berbeda-beda sehingga tidak ada pakem yang pasti. Yang harus anda perhatikan adalah efek dari tiap jenis perawatannya. Misalkan jangkrik 5 dia kurang nggedor mungkin perlu di tambah atau bahkan di kurangi dan di ganti dengan menu lainnya.

Inti dari merawat burung yang baik adalah dengan sebisa mungkin mengikuti keinginan sang burung. Ini tidak berarti jika murai anda suka jangkrik maka porsi jangkrik harus di tingkatkan secara berlebih, tapi terkait dengan efek pemberian EF tersebut. jika murai anda di beri jangkrik 5 ekor kurang gedor coba berikan 10 ekor. JIka 10 masih kurang gedor coba berikan 15 ekor. Jka sudah di beri jangkrik dengan porsi yang banyak tidak berubah atau jadi terlalu galak kurangi porsinya. Intinya cari sampai dapat settingan yang pas.

Jika settingan jangkrik sudah pas, cari settingan EF lainnya lalu waktu jemur dan mandinya juga.

facebooktwittergoogle_pluslinkedin
Updated: November 19, 2013 — 13:57

2 Comments

Add a Comment
  1. maaf alamat saya di kab. kutai kartanegara prop. kaltim ingin membeli anakan perkutut bangkok bagaimana caranya

    1. Untuk luar pulau hanya bs sd bandara saja dan saya tidak tahu apakah ada bandara di lokasi Bpk. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Perkutut Sby © 2013 Frontier Theme