PerkututSbyInfo perkutut bangkok, perawatan & tips burung perkutut bangkok

Pedoman penilaian konkurs lomba perkutut

 

Berikut adalah pedoman penilaian dan penjurian konkurs lomba perkutut menurut hasil Musyawarah Nasional XVII 2009 Persatuan Pelestari Perkutut Seluruh Indonesia yang berlangsung di Citra Land Surabaya pada tanggal 13 dan 14 Nopember 2009

SISTIM PENILAIAN DALAM KONKURS BURUNG PERKUTUT

1.  Nilai dalam konkurs burung perkutut adalah pernyataan perbandingan keindahan suara, yang diwujudkan dalam angka angka tertentu sebagaimana diatur dalam ayat (8) pasal ini.

2.   Dalam memberikan penilaian, juri dan koordinator  bertanggung jawab penuh kepada Dewan juri.

3.   Dewan juri bertanggung jawab atas keseluruhan proses penilaian dan hasil penilaian serta akibat yang timbul karenanya.

4.  Sehubungan dengan akibat yang timbul dari pengaturan dalam ayat (2) dan (3) pasal ini, segala bentuk pertanyaan keseluruhannya hanya dapat disampaikan kepada dewan juri dan hanya dewan juri yang berhak menanggapi.

5.   Untuk memberikan tanggapan atas hal –hal sebagaimana dimaksud dalam ayat (4) pasal ini, dewan juri berhak bertanya dan meminta pertanggungjawaban dari juri penilai yang dipimpinnya.

6.   Segala bentuk pertanyaan, keberatan atau protes yang diajukan akan ditanggapi apabila disalurkan melalui penanggung jawab dan/atau panitia pelaksana secara tertulis dengan mengisi formulir yang telah disediakan panitia.

7.   Penilaian keindahan suara alam burung perkutut dalam konkurs P3SI dirinci dalam 5 (lima) kategori penilaian, yaitu :

a. Suara depan, dengan kriteria panjang, mengayun/membat, bersih.

b. Suara tengah, dengan kriteria bertekanan, lengkap dan jelas.

c. Suara ujung, dengan kriteria bulat, panjang dan mengalun.

d. Irama, dengan kriteria senggang, lenggang, elok dan indah.

e. Dasar suara, dengan kriteria tebal, kering, bersih/jernih/sengau (ng).

8.   Untuk setiap kategori penilaian harus didasarkan pada kriteria suara burung yang semestinya, diberikan nilai dengan angka satuan sekurang kurangnya 8 (delapan) dan sebanyak banyaknya 9 (sembilan) dengan ketentuan :

a.   Penilaian angka diberikan secara berurutan dimulai dari angka : 8, 8½, 8¾, dan 9 jika benar benar maksimal.

b.   Teknis pemberian angka setengah (½) dan seperempat (¾) diputuskan di dalam setiap technical meeting yang diadakan sebelum konkurs.

c.   Penerapan angka pecahan itu selanjutnya diinformasikan kepada peserta konkurs sebelum konkurs dimulai.

PELAKSANAAN PENILAIAN (PERKUTUT DEWASA)

1.   Penilaian dilaksanakan secara tertulis dengan memberikan angka angka seperti yang diatur dalam pasal 21 ayat (8) dan (9), diisikan dalam kolom kolom yang tersedia dalam lembar penilaian oleh juri penilai.

2.  Penilaian awal dapat diberikan setelah burung peserta konkurs berbunyi, dan diberikan bendera tanda bunyi dengan nilai 42 ( empat puluh dua ).

3.  Bilamana jumlah nilai mencapai 42½ (empat puluh dua setengah) dapat diberikan oleh juri penilai apabila burung yang dinilai telah berbunyi sekurang kurangnya 2 (dua) kali. Untuk yang sudah dinilai diberikan bendera koncer satu warna (kuning).

4.  Bilamana jumlah nilai mencapai 43 (empat puluh tiga) dapat diberikan oleh juri penilai apabila burung yang dinilai telah berbunyi sekurang kurangnya 3 (tiga) kali berturut-turut serta memenuhi syarat keindahan suara. Untuk yang sudah dinilai diberikan bendera koncer 2 (dua)  warna (kuning, hijau).

5.  Untuk jumlah nilai 43¼  (empat puluh tiga seperempat) dapat diberikan oleh juri penilai apabila burung yang dinilai telah berbunyi sekurang kurangnya 4 (empat) kali berturut-turut serta memenuhi syarat keindahan suara. Untuk yang sudah dinilai diberikan bendera koncer dua warna (Kuning, hijau) ditambah bendera hitam.

6.   Untuk jumlah nilai 43½  (empat puluh tiga setengah) dapat diberikan oleh juri penilai apabila burung yang dinilai telah berbunyi sekurang kurangnya 5 (lima) kali berturut-turut serta memenuhi syarat keindahan suara. Untuk yang sudah dinilai diberikan bendera koncer tiga warna (Kuning, hijau, putih).

  1. Untuk jumlah nilai 43¾   (empat puluh tiga tiga perempat) dapat diberikan oleh juri penilai apabila burung yang dinilai telah berbunyi sekurang kurangnya 6 (enam) kali berturut-turut serta memenuhi syarat keindahan suara. Untuk yang sudah dinilai diberikan bendera koncer tiga warna (Kuning, hijau, putih) ditambah bendera hitam.
  2. Untuk jumlah nilai 44 (empat puluh empat) dapat diberikan oleh juri penilai apabila burung yang dinilai  telah berbunyi sekurang kurangnya 7 (tujuh) kali berturut-turut serta memenuhi syarat keindahan suara. Untuk yang sudah dinilai diberikan bendera koncer empat warna (Kuning, hijau, putih, biru).
  3. Untuk jumlah nilai 44¼ ( empat puluh empat seperempat ) dapat diberikan oleh juri penilai apabila burung yang dinilai  telah berbunyi sekurang kurangnya 8 (delapan) kali berturut- turut serta memenuhi syarat keindahan suara. Untuk yang sudah dinilai diberikan bendera koncer empat warna (Kuning, hijau, putih, biru) ditambah bendera hitam.

10.   Untuk jumlah nilai 44½  (empat puluh empat setengah) dapat diberikan oleh juri penilai apabila burung yang dinilai telah berbunyi sekurang kurangnya 9 (sembilan) kali  berturut- turut serta memenuhi syarat keindahan suara. Untuk yang sudah dinilai diberikan bendera koncer lima warna (Kuning, hijau, putih, biru, merah)

11.   Untuk jumlah nilai 44¾ (empat puluh empat tiga perempat) dapat diberikan oleh juri penilai apabila burung yang dinilai telah berbunyi sekurang kurangnya 10 (sepuluh) kali berturut-turut serta memenuhi syarat keindahan suara. Untuk yang sudah dinilai diberikan bendera koncer lima warna (Kuning, hijau, putih, biru, merah) ditambah bendera hitam.

  1. Untuk jumlah nilai 45 (empat puluh lima) adalah nilai sempurna yang hanya dapat diberikan kepada burung yang telah memenuhi persyaratan :
    1. Memenuhi semua kriteria keindahan suara yang ditentukan.
    2. Berbunyi lebih dari 10 (sepuluh) kali berturut-turut tanpa kesalahan atau penurunan kwalitas dan disaksikan dan disepakati bersama oleh juri penilai, koordinator dan Dewan Juri. Bagi burung yang mendapat jumlah nilai 45 (empat puluh lima) diberikan tanda penilaian berupa koncer khusus atau Istimewa.

SISTIM PENILAIAN DALAM KONKURS PIYIK PERKUTUT

Sesuai ketentuan pasal 21 dan 22 Bab IV Bagian I Tata Cara Konkurs dan Penjurian Konkurs Seni Suara Alam Burung Perkutut, sedangkan pelaksanaan penilaian diatur sebagai berikut :

  1. Penilaian dilaksanakan secara tertulis dengan memberikan angka-angka seperti yang diatur dalam pasal 21 ayat (8) diisikan dalam kolom-kolom yang tersedia pada lembar penilaian oleh Juri Penilai.
  2. Penilaian awal dapat diberikan setelah burung peserta konkurs berbunyi dan diberikan tanda bunyi dengan nilai 41 (empat puluh satu) sampai dengan 42 (empat puluh dua).
  3. Bilamana jumlah nilai mencapai 42½ (empat puluh dua setengah) dapat diberikan oleh juri penilai apabila burung yang dinilai telah berbunyi sekurang-kurangnya 1 (satu) kali untuk yang sudah dinilai diberikan bendera koncer 1 (satu) warna (kuning)
  4. Bilamana jumlah nilai mencapai 43 (empat puluh tiga) dapat diberikan oleh juri penilai apabila burung yang dinilai telah berbunyi sekurang-kurangnya 1 (satu) kali serta memenuhi syarat keindahan suara. Untuk yang sudah dinilai diberikan bendera koncer 2 (dua) warna (kuning, hijau)
  5. Bilamana jumlah nilai mencapai 43¼ (empat puluh tiga seperempat) dapat diberikan oleh juri penilai apabila burung yang dinilai telah berbunyi sekurang-kurangnya 1 (satu) kali serta memenuhi syarat keindahan suara. Untuk yang sudah dinilai diberikan bendera koncer 2 (dua) warna (kuning, hijau) ditambah bendera hitam.
  6. Bilamana jumlah nilai mencapai 43½ (empat puluh tiga setengah) dapat diberikan oleh juri penilai apabila burung yang dinilai telah berbunyi sekurang-kurangnya 1 (satu) kali serta memenuhi syarat keindahan suara. Untuk yang sudah dinilai diberikan bendera koncer 3 (tiga) warna (kuning, hijau, putih)
  7. Bilamana jumlah nilai mencapai 43¾ (empat puluh tiga tiga perempat) dapat diberikan oleh juri penilai apabila burung yang dinilai telah berbunyi sekurang-kurangnya 1 (satu) kali serta memenuhi syarat keindahan suara. Untuk yang sudah dinilai diberikan bendera koncer 3 (tiga) warna (kuning, hijau, putih) ditambah bendera hitam.
  8. Bilamana jumlah nilai mencapai 44 (empat puluh empat) dapat diberikan oleh juri penilai apabila burung yang dinilai telah berbunyi sekurang-kurangnya 1 (satu) s/d 2 (dua) kali serta memenuhi syarat keindahan suara. Untuk yang sudah dinilai diberikan bendera koncer 4 (empat) warna (kuning, hijau, putih, biru).
  9. Bilamana jumlah nilai mencapai 44¼ (empat puluh empat seperempat) dapat diberikan oleh juri penilai apabila burung yang dinilai telah berbunyi sekurang-kurangnya 1 (satu) s/d 2 (dua) kali serta memenuhi syarat keindahan suara. Untuk yang sudah dinilai diberikan bendera koncer 4 (empat) warna (kuning, hijau, putih, biru) ditambah bendera hitam.

10.  Bilamana jumlah nilai mencapai 44½ (empat puluh empat setengah) dapat diberikan oleh juri penilai apabila burung yang dinilai telah berbunyi sekurang-kurangnya 2 (dua) s/d 3 (tiga) kali serta memenuhi syarat keindahan suara. Untuk yang sudah dinilai diberikan bendera koncer 5 (lima) warna (kuning, hijau, putih, biru, merah).

11.  Bilamana jumlah nilai mencapai 44¾ (empat puluh empat tiga perempat) dapat diberikan oleh juri penilai apabila burung yang dinilai telah berbunyi sekurang-kurangnya 2 (dua) s/d 3 (tiga) kali serta memenuhi syarat keindahan suara. Untuk yang sudah dinilai diberikan bendera koncer 5 (lima) warna (kuning, hijau, putih, biru, merah) ditambah bendera hitam.

12.  Untuk jumlah nilai 45 (empat puluh lima) adalah nilai sempurna yang hanya dapat diberikan kepada burung yang telah memenuhi persyaratan :

  • Memenuhi semua kreteria keindahan suara yang ditentukan.
  • Berbunyi sekurang-kurangnya 2 (dua) s/d 3 (tiga) kali berturut-turut tanpa kesalahan atau penurunan kualitas, disaksikan dan disepakati bersama oleh Juri Penilai, Koordinator Juri dan Dewan Juri. Bagi burung yang mendapat jumlah nilai 45 (empat puluh lima) diberikan tanda penilaian berupa koncer khusus atau istimewa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Perkutut Sby © 2013 Frontier Theme