PerkututSby

Info perkutut bangkok, perawatan & tips burung perkutut bangkok

Memandikan perkutut

facebooktwittergoogle_pluslinkedin
 

Seperti halnya dengan burung ocehan, burung perkutut juga perlu mandi. Dengan mandi perkutut akan bersih bulunya dan terbebas dari kutu. Dengan mandi, perkutut yang stress atau terlalu liar akan menjadi lebih cepat tenang dan mau berbunyi.

Untuk menghilangkan kutu, campurkan air dengan remasan daun sirih dan atau air cucian beras. Cara memandikannya bisa dengan cara di pegang dan di elus dengan tangan yang basah.

Cara kedua bisa dengan cara di pegang lalu di semprot dengan sprayer lembut (embun).

Yang perlu di perhatikan dalam memandikan perkutut, jangan sampai air masuk ke hidung perkutut. Jadi untuk bagian kepala sebaiknya dengan cara di usap menggunakan tangan yang basah saja.

Waktu memandikan dan seberapa sering harus dimandikan berbeda2 untuk masing2 perkutut tergantung dari karakter si burung itu sendiri. Untuk perkutut yang tergolong liar, sebaiknya 2 hari sekali di mandikan. Akan tetapi jika perkutut anda tidak liar cukup di mandikan 1-2 minggu sekali saja.

Pada umumnya perkutut di mandikan pada sore hari (jam14.30-17.00), tapi sekali lagi ini tergantung dari karakter perkutut anda dan sudah pasti waktu luang anda.

facebooktwittergoogle_pluslinkedin

55 Comments

Add a Comment
  1. Salam kenal Pa Nugroho..saya pemula penyuka perkutut.. Pa Nogroho saya punya perkutut bangkok usia skitar 1 tahunan, tadinya udah rajin bunyi walau blm gacor, cuman udah hampir 1 bulan ini perkututku gak mau bunyi sama sekali..awalnya perkututku dimandikan temen dengan cara dipegang, tapi kepalanya juga dilelepin (dimasukan ke air) walaupun cepet, cuma seper sekian detik saja, tapi setelah itu perkututnya gak mau bunyi sama sekali, burungnya tetep kelihatan sehat, makan masih lahap, badan juga masih gemuk, tapi gak mau bunyi…udah 1 bulan ini di coba di atasi dgn rutin di jemur, dikasih pakan “inti perkutut”, dilolohin jamu (laras sati, kunir, kencur, bawang putih, terasi) bergantian, di obatin (kristal, metabolis),1 minggu ini udah dipancing di satuin dengan di satuin dengan betina bahkan kelihatan sudah berjodoh) tapi tetep belum ada perkembangan sama sekali (blm mau bunyi lagi)…Mohon masukannya agar perkutut saya bisa bunyi lagi..maturnuwun

    1. Mungkin sedang ganti bulu atau stress. Di sabari saja

  2. apakah itu siklus pertumbuhan perkutut Bpk, kebetulan perkutut yg saya rawat 2 ekor, asalamualaikum wr wb.

    1. Maaf saya kurang paham dengan pertanyaannya. Mungkin dari piyik, remaja lalu dewasa :)

  3. asalamualaikum Bpk nugroho, maaf mengganggu waktunya,saya kemarin dpt perkutut dr sarangnya, kemudian saya rawat hingga bisa terbang sekitar 3 bulanan, lalu tib” bulu ekornya rontok.
    mohon pencerahannya Bpk

    1. Wa ‘alaikum salam. Mungkin sudah waktunya ganti bulu. Umur segitu normal

  4. salam kenal pak fajar saya baru nyobak ternak perkutut, kalo indukannya kedua suara nya cepat apa bisa anakannya bersuara selo pak, terimakasi sebelumnya

    1. Mungkin saja jika kakek dan neneknya ada yang slow

  5. yg punya perkutut lokal hitam daringan kebak. Hub 081330667600 085607912072

  6. Slam kenal pak, brung perkutut sya memanggung terus tiap hari apa kah gak akan stres dia pak,klau tiap hari kita suruh memanggung trus

    1. Salam kenal Pak Wira. Nggak apa2 Pak, dia manggung berarti dia merasa senang

  7. Saya pemula pak Nugroho di daerah mana pengen berguru,saya Djakarta selatan

    1. Saya di surabaya dan saya bukan guru :)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Perkutut Sby © 2013 Frontier Theme