PerkututSby

Info perkutut bangkok, perawatan & tips burung perkutut bangkok

Gejala perkutut cacingan dan pengobatannya

facebooktwittergoogle_pluslinkedin
 

Penyakit cacingan adalah penyakit yang sering di derita perkutut. Perkutut yang cacingan biasanya di idap oleh perkutut yang baru di beli dari peternak (kebanyakan peternakan menggunakan alas kandang berupa tanah yang merupakan media perkembang biakan cacing) atau dari pasar burung. Meskipun tidak semua peternak menggunakan media tanah sebagai alas kandang ternak, tetap ada baiknya jika perkutut yang baru anda beli di beri obat cacing supaya lebih terjamin kesehatannya.

Perkutut yang cacingan akan menunjukan gejala seperti malas bunyi, kotoran mencret, tidak nafsu makan, badan kurus dan wajah terlihat tidak segar. Terkadang cacingan juga di sertai gejala bulu mengkorok (berdiri). Jika di biarkan, penyakit cacingan ini bisa menyebabkan perkutut menjadi semakin malas berbunyi dan bahkan lumpuh.

Pengobatan perkutut cacingan

Perkutut yang mengidap cacingan bisa di obati dengan cara pemberian obat cacing untuk manusia (mis: combantrin).

Dosis yang di gunakan untuk perkutut adalah pecahan combantrin tablet sebesar biji kacang hijau. Jangan gunakan dosis yang terlalu besar karena bisa menyebabkan kerusakan pada saluran cerna sehingga burung akan menjadi malas makan.

Obat cacing juga bisa menggunakan obat khusus seperti exitor dengan menggunakan dosis sesuai dng yang terlampir di kemasan. Obat cacaing ini biasanya mudah di temui di kios-kios burung.

facebooktwittergoogle_pluslinkedin

52 Comments

Add a Comment
  1. Mohon Info untuk mengatasi masalah burung saya. Burung perkutut saya sekarang Gacor sekali tetapi kenapa Kotoran jadi basah. (kandang bagian bawahnya basah)
    sebelumnya jarang bunyi dan kandangnya kering. terima kasih

    1. Burung gacor biasanya memang doyan minum pak

  2. Saya baru beli burung perkutut dari pasar..sdh 2 hari kok dia msh blm mau makan ya..butuh berapa lama supaya burung bs beradaptasi dgn lingkungan barunya

    1. Adaptasi tiap burung berbeda-beda. Ada yang cepat tapi ada juga yang lambat

  3. Assalamuallaikum.Wr.Wb.pak de nugroho salam kenal…boleh saya bertanya…saya pinya pekutut kira2 umur nya -/+ 1thn..tapi ko bunyi nya paling sehari cuma 3 kali..padahal makannya rajin.dimandikan rajin 2hr skali..jamu juga rajin 1mggu 2 kali..kenapa ya pak.mohon pencerahannya

    1. Wa ‘alaikum salam wr wb.
      Salam kenal. Mungkin betina Pak

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Perkutut Sby © 2013 Frontier Theme